UNIMA

Sejarah Singkat

Universitas Negeri Manado (UNIMA) sebelumnya adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) satu diantara 4(empat) PTPG yang didirikan di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, dan PTPG Tondano, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 tanggal 22 September 1955.

Setelah mengalami berbagai perubahan, baik dari perubahan status menjadi FKIP Universitas Hasanuddin Makassar, FKIP Unhas Tondano di Manado, FKIP Unsulutteng, IKIP Jogyakarta Cabang Manado, dan IKIP Manado yang berdiri sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 38 tanggal 8 Maret 1955 jo Kepres Nomor 275 tahun 1965 tanggal 14 September 1965, maka pada tanggal 13 September 2000, IKIP Manado dikonversi menjadi Universitas NEGERi Manado berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No.127 tahun 2000 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Bapak Dr.Yahya Muhaimin pada tanggal 14 Oktober 2000.

Universitas Negeri Manado (UNIMA) memiliki fungsi ganda, yaitu selain menciptakan tenaga ahli dan tenaga profesional di bidang kependidikan, juga menciptakan tenaga ahli dan tenaga profesional di bidang non kependidikan.

Visi

Pada tahun 2025, Universitas Negeri Manado akan menjadi sebuah Perguruan Tinggi yang mapan dengan program Sarjana yang diakui secara Internasional, program pendidikan guru yang mantap, program Pasca Sarjana yang kuat dalam bidang-bidang pilihan, dan sebuah pusat penelitian dan pengembagan, yang diharapkan memainkan pernanan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan karya kreatif lainnya, dan dalam penyiapan ilmuan yang matang.

Misi

Mempertahankan dan menguatkan perannya sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan.

Meneruskan Perluasan mandat dan upaya pemantapan universitas.

Meningkatkan program-program pendidikan sarjana untuk memenuhi perubahan-perubahan dalam masyarakat dan peningkatan persaingan di pasar kerja.

Penguatan kapasitas institusional dalam pendidikan dan pengajaran, implementasi penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Pendirian sebuah pusat jaringan informasi dan pertukaran informasi.

Pendirian sebuah pusat kerjasama penelitian pengembangan wilayah.

Peningkatan kemitraan dengan pemerintah dan swasta, serta universitas dan lembaga-lembaga internasional.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi :  http://www.unima.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s