Taman Wisata Toar-Lumimuut

Taman Wisata Toar Lumimuut adalah salah satu tempat wisata sejuk di wilayah Sonder, Minahasa. Kota Kecamatan Sonder ini berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari kota Manado. Taman Wisata Toar Lumimuut merupakan sebuah kawasan hutan kota yang di dalamnya terdapat kolam renang yang airnya jernih karena berasal langsung dari sumber mata air pegunungan. Di Taman Wisata Toar Lumimuut juga terdapat permainan sepeda air, arena memancing serta Water Slide dan Outbound.

Loket masuk Taman Wisata Toar Lumimuut, dimana pengunjung dipungut Rp. 3.500,- untuk orang dewasa, dan Rp.3.000 untuk anak-anak. Jika ingin berenang maka akan dikenakan biaya tambahan Rp. 4.000,- untuk anak-anak dan Rp.4.500 untuk orang dewasa. Taman Wisata Toar Lumimuut diapit oleh Gunung Lokon dan Gunung Soputan, sehingga udaranya pun sejuk. Rimbun pepohonan hijau di latar belakang menyegarkan pandangan mata, dengan arena bermain sepeda air di latar depan. Untuk bermain sepeda air ini anak-anak dipungut biaya Rp.4.000, sedangkan orang dewasa Rp.4.500.-

Di latar belakang terlihat permainan Water Slide dengan kolam renang yang airnya jernih, dimana pengunjung dipungut biaya Rp.8.000 untuk menggunakannya. Sudah sewajarnya jika tempat wisata semacam ini memungut biaya yang cukup, yang sangat diperlukan untuk merawat dan memperbaiki fasilitas yang ada. Biaya yang terlalu murah untuk sebuah tempat wisata bisa seperti perbuatan bunuh diri secara pelan namun pasti.
Patung Toar Lumimuut di sebelah tulisan “Taman Wisata Toar Lumimuut” di pinggiran taman hutan kota yang hijau dan rimbun. Air sejuk jernih merupakan salah satu daya tarik Taman Wisata Toar Lumimuut, karena berasal dari mata air pegunungan yang bersih. Di Taman Wisata Toar Lumimuut juga terdapat area untuk pemancingan yang dikenakan biaya Rp.15.000,-

Di latar belakang terdapat bangunan rumah kayu dimana pengunjung bisa menikmati sauna dengan membayar Rp.25.000,- atau menggunakan area fitness dengan membayar Rp.15.000,- Kecamatan Sonder, dimana Taman Wisata Toar Lumimuut berada, merupakan pusat produksi cengkeh di Sulawesi Utara selain Kecamatan Kombi, keduanya berada di Kabupaten Minahasa. Masyarakat Sonder menggunakan bahasa Tontemboan yang merupakan salah satu bahasa daerah di Minahasa. Konon kata Sonder berasal dari kata Songkel, sejenis burung yang banyak ditemui di Sonder dahulu kala.  (aroengbinang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s