Sejarah Berdirinya Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA – UNIMA

Program Studi Pendidikan Matematika adalah salah Program Studi di Jurusan  Matematika pada FMIPA Universitas Negeri Manado yang telah ada sejak berdirinya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Tondano pada tahun 1955, cikal bakal IKIP Negeri Manado, sekarang menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA). Dalam perjalanannya, Program Studi Pendidikan Matematika yang telah ada sejak berdirinya PTPG Tondano tahun 1955, yang dikenal sebagai Jurusan Ilmu Pasti pada Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Kemudian menjadi Jurusan Matematika FPMIPA IKIP Manado, dan sesuai Kepres N0. 127 Tanggal 13 September 2000 IKIP Manado menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA). Jurusan Matematika melaksanakan Program Studi Pendidikan Matematika  menghasilkan tenaga kependidikan profesional dalam pembelajaran matematika dengan gelar Sarjana Pendidikan Matematika (S.Pd), juga pernah menyelenggarakan program D1, D2 dan D3. Sejalan dengan visi, misi dan tujuan Program Studi Pendidikan Matematika, serta komitmen yang tinggi terhadap pengembangan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika telah banyak mewarnai pengembangan Pendidikan Matematika di Sulawesi Utara, terutama dalam memberi kontribusi pengadaan guru bidang studi matematika di sekolah-sekolah, baik melalui pengalamannya secara langsung maupun melalui lulusannya yang telah dihasilkannya selama 50 tahun.

Program Studi Pendidikan Matematika yang menyelenggarakan program S1 di UNIMA untuk menghasilkan tenaga guru matematika di Sulut, bahkan  di regional Indonesia Timur. Dalam pengembangannya  perlu senantiasa merefleksikan diri agar tetap berperan dalam menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan-tujuan dan misinya. Keberadaan Program Studi Pendidikan Matematika saat ini secara umum menunjukkan masih berada pada kondisi memprihatinkan dipandang dari berbagai aspek, meskipun memiliki peluang-peluang untuk mengembangkan eksistensinya. Hal ini ditunjukkan oleh hasil terakhir akreditasi perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) tahun 2006 dengan nilai B. Kenyataan ini memacu Program Studi Pendidikan Matematika untuk berusaha mengatasi berbagai kelemahan dan menata, meningkatkan kualitas maupun kinerja penyelenggaraannya agar dalam waktu dekat mampu memajukan pelayanannya dengan memanfaatkan semua potensi sumber daya dan peluang yang ada, termasuk melakukan evaluasi diri secara berkelanjutan.

<== Ketua Jurusan

Drs. R. J. Wenas, MS

Sekretaris Jurusan ==>

Drs. Ontang Manurung, M.Pd 

Sumber :

PS.Pendidikan Matematika,  2005.  Kurikulum PS Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, UNIMA di Tondano.

PS.Pendidikan Matematika,  2010.  Panduan Seminar Usulan dan Hasil Penelitian PS Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, UNIMA di Tondano.

PS.Pendidikan Matematika,  2010.  Panduan Penilaian(Evaluasi) PS Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, UNIMA di Tondano

UNIMA, 2003. Laporan Wisuda Tahun 2010.  Percetakan UNIMA di Tondano

This entry was posted in Artikel, Berita, Info, Matematika, Pendidikan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s