“PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK BARISAN BILANGAN”

Mariani Kesek1
J.H.Lolombulan2, O.T.Sambuaga3.

ABSTRAK

MARIANI KESEK, 2009, Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Barisan Bilangan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Manado.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh PMR terhadap hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Amurang yang terdiri atas 7 kelas pararel. Secara acak dipilih 2 kelas yang homogen sebagai sampel penelitian yaitu kelas IXD sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dan kelas IXE sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional yang masing-masing sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dari pascauji yang berbentuk tes uraian. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji t.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional.

Kata Kunci   : Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Siswa, Barisan Bilangan.

Download Full Skripsinya dibawah ini :

SKRIPSI MERYANI MATEMATIKA UNIMA

This entry was posted in Tak terkategori. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s