PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRATIF / INTERAKTIF ANTARA TEORI DAN PRATEK (ITP) BERBASIS PENDEKATAN PMRI UNTUK POKOK BAHASAN INTEGRAL


PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRATIF / INTERAKTIF  ANTARA TEORI DAN PRATEK (ITP) BERBASIS PENDEKATAN PMRI UNTUK POKOK BAHASAN INTEGRAL

Navel O. Mangelep1

Sam Salajang2, Mathilda Lasut3

Abstrak

            Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan desain ITP berbasis PMRI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional untuk pokok bahasan Integral di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen pretes-posttes dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon yang terdaftar dalam tahun pelajaran 2009/2010, dengan siswa sebanyak 187 orang. Sample penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak 60 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XII IPA2 yang dikenai pembelajaran dengan desain ITP berbasis Pendekatan PMRI sebagai kelas eksperimen dan kelasXII IPA3 yang dikenai pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu : RPP, LKS, dan Lembar Praktikum. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis peragam (ANAKOVA).

Dari analisis statistik yang dilakukan sesuai dengan langkah – langkah anakova diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, kemampuan awal siswa (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y), kedua, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, model regresi yang diperoleh dapat digunakan untuk menunjukkan pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, model regresi tidak sama, tetapi sejajar dan konstanta garis regresi untuk kelas eksperimen lebih besar dari konstanta garis regresi untuk kelas kontrol. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Secara geometris, garis regresi untuk kelas eksperimen di atas garis regresi untuk kelas kontrol. Ini berarti Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan desain ITP berbasis Pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Berdasarkan analisis diatas, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan desain ITP berbasis Pendekatan PMRI lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : PMRI, ITP, Integral

This entry was posted in Tak terkategori. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s